Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Tanggung jawab sosial perusahaan
atau Corporate Social Responsibility (CSR) merupakan sebuah
konsep dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dan lingkungan
dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi mereka dengan para pemangku
kepentingan secara sukarela (European Commision, 2011).
Di Indonesia, kewajiban melakukan
tanggung jawab sosial perusahaan sudah tercatat di UU No. 40 tahun 2007 pasal
74 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) dan Undang-Undang No. 25 tahun 2007 pasal
15(b) dan pasal 16 (d) tentang Penanaman Modal (UU PM) yaitu :
“Setiap perseroan atau penanam modal
diwajibkan untuk melakukan sebuah upaya pelaksanaan tanggung jawab sosial
perusahaan yang telah dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya
Perseroan. Kebijakan ini juga mengatur sanksi bagi perusahaan yang tidak
menjalankan kewajiban tersebut”
Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap
lingkungan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan untuk dapat
mengatur, mengolah dan mempergunakan lingkungan sebaik-baiknya untuk tidak
hanya menguntungkan dan meningkatan efisiensi bisnis setiap perusahaan, namun
juga bagi lingkungan dan dampak sosial di masa yang akan datingDibawah ini adalah Salah Satu Contoh dari tanggung jawab sosial suatu perusahaan
Astra Honda Motor Gelar Khitanan 150 Anak Yatim
Pelaksanaan khitanan massal dilakukan perusahaan bekerja sama dengan Dewan
Kemakmuran Masjid (DKM) AHM pada 24 Juni 2012 di Convention Hall Plant 3 AHM di
Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat. Hadir dalam acara ini Manajemen AHM
yang diwakili oleh Setia Surachmadin Industrial Relation Manager AHM; Mohamad
Toha Ketua SPSI AHM; Muhammad Sukron Ketua DKM; serta beberapa tokoh masyarakat
setempat.
Kegiatan ini dilakukan dengan mendata anak-anak yatim dan dari keluarga
kurang mampu yang tinggal di sekitar tiga 3 pabrik AHM, baik yang di Sunter,
Pegangsaan, maupun Cikarang. Dari pendataan yang dilakukan didapat 150 anak
yang akan mengikuti khitanan massal ini. Mereka berusia antara 4 hingga 12
tahun. Anak-anak yang mengikuti khitanan massal ini mendapatkan bingkisan
berupa seperangkat busana muslim dan dana infak yang dikumpulkan dari jamaah
mesjid AHM.
“Sebenarnya yang ingin mengikuti lebih dari 150 anak, namun kami batasi
dulu untuk khitanan missal tahun ini 150 anak dulu. Semoga tahun depan kami
dapat menyelenggarakan lagi acara ini,” ujar Head of Corporate Communication
AHM Kristanto.
Kristanto menyatakan kegiatan khitanan massal ini merupakan implementasi
dari tanggung jawab sosial perusahaan terutama dalam hal memberikan bantuan
kepada masyarakat di sekitar perusahaan. Kegiatan ini dilakukan secara
rutin setiap tahun sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan dan karyawan
terhadap masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar perusahaan.
Dalam pelaksanaannya, AHM memiliki lima fokus kegiatan corporate
social responsibility yaitu go green (peduli lingkungan dan penghijauan),
go smart (peduli pendidikan), community relation (peduli masyarakat sekitar),
IGA Program (income generate activity atau memberi dukungan terhadap kegiatan
ekonomi produktif masyarakat), dan emergency respons (tanggap dan peduli
bencana)
Sumber : www.dapurpacu.com/astra-honda-motor-gelar-khitanan-150-anak-yatim/
Tidak ada komentar:
Posting Komentar