Selasa, 16 Oktober 2012

Tanggung Jawab Sosial Perusahaan


Tanggung Jawab Sosial Perusahaan
Tanggung jawab sosial perusahaan atau Corporate Social Responsibility (CSR)  merupakan sebuah konsep dimana perusahaan mengintegrasikan kepedulian sosial dan lingkungan dalam operasi bisnis mereka dan dalam interaksi mereka dengan para pemangku kepentingan secara sukarela (European Commision, 2011).
Di Indonesia, kewajiban melakukan tanggung jawab sosial perusahaan sudah tercatat di UU No. 40 tahun 2007 pasal 74 tentang Perseroan Terbatas (UU PT) dan Undang-Undang No. 25 tahun 2007 pasal 15(b) dan pasal 16 (d) tentang Penanaman Modal (UU PM) yaitu :
“Setiap perseroan atau penanam modal diwajibkan untuk melakukan sebuah upaya pelaksanaan tanggung jawab sosial perusahaan yang telah dianggarkan dan diperhitungkan sebagai biaya Perseroan. Kebijakan ini juga mengatur sanksi bagi perusahaan yang tidak menjalankan kewajiban tersebut”
Tanggung jawab sosial perusahaan terhadap lingkungan merupakan hal yang penting bagi setiap perusahaan untuk dapat mengatur, mengolah dan mempergunakan lingkungan sebaik-baiknya untuk tidak hanya menguntungkan dan meningkatan efisiensi bisnis setiap perusahaan, namun juga bagi lingkungan dan dampak sosial di masa yang akan dating

Dibawah ini adalah Salah Satu Contoh dari tanggung jawab sosial suatu perusahaan

Astra Honda Motor Gelar Khitanan 150 Anak Yatim

Pelaksanaan khitanan massal dilakukan perusahaan bekerja sama dengan Dewan Kemakmuran Masjid (DKM) AHM pada 24 Juni 2012 di Convention Hall Plant 3 AHM di Kawasan Industri MM2100, Cikarang Barat. Hadir dalam acara ini Manajemen AHM yang diwakili oleh Setia Surachmadin Industrial Relation Manager AHM; Mohamad Toha Ketua SPSI AHM; Muhammad Sukron Ketua DKM; serta beberapa tokoh masyarakat setempat.
Kegiatan ini dilakukan dengan mendata anak-anak yatim dan dari keluarga kurang mampu yang tinggal di sekitar tiga 3 pabrik AHM, baik yang di Sunter, Pegangsaan, maupun Cikarang. Dari pendataan yang dilakukan didapat 150 anak yang akan mengikuti khitanan massal ini. Mereka berusia antara 4 hingga 12 tahun. Anak-anak yang mengikuti khitanan massal ini mendapatkan bingkisan berupa seperangkat busana muslim dan dana infak yang dikumpulkan dari jamaah mesjid AHM.
“Sebenarnya yang ingin mengikuti lebih dari 150 anak, namun kami batasi dulu untuk khitanan missal tahun ini 150 anak dulu. Semoga tahun depan kami dapat menyelenggarakan lagi acara ini,” ujar Head of Corporate Communication AHM Kristanto.
Kristanto menyatakan kegiatan khitanan massal ini merupakan implementasi dari tanggung jawab sosial perusahaan terutama dalam hal memberikan bantuan kepada masyarakat di sekitar perusahaan.  Kegiatan ini dilakukan secara rutin setiap tahun sebagai salah satu bentuk kepedulian perusahaan dan karyawan terhadap masyarakat kurang mampu yang berada di sekitar perusahaan.
Dalam pelaksanaannya, AHM  memiliki lima fokus kegiatan corporate social responsibility yaitu  go green (peduli lingkungan dan penghijauan), go smart (peduli pendidikan), community relation (peduli masyarakat sekitar), IGA Program (income generate activity atau memberi dukungan terhadap kegiatan ekonomi produktif masyarakat), dan emergency respons (tanggap dan peduli bencana)
Sumber : www.dapurpacu.com/astra-honda-motor-gelar-khitanan-150-anak-yatim/

Tidak ada komentar:

Posting Komentar